Tentunya sudah pada kenal dengan
yang namanya injektor. Komponen ini berfungsi menyemprotkan bahan bakar ke
ruang bakar pada sepeda motor berteknologi injeksi. Tapi namanya komponen
buatan manusia, injektor ini juga pasti bisa rusak. Estimasi kerusakan sekitar
5tahun atau setelah menempuh 50.000km. Tapi alangkah baiknya mulai diperhatikan
apabila sering adanya gejala kerusakan.
Indikasi kerusakan yang paling
sering terjadi adalah kondisi langsam yang tidak stabil dan ketika mesin dalam
keadaan menyala ada ketidakberesan ketika gas dibuka-tutup. Masalahnya, gejala
tersebut sama seperti kerusakan pada bagian saluran bahan bakar yang lain.
Maka, bila mulai merasakan kerusakan tersebut maka lakukanlah pemeriksaan.
Bila tekanan fuel pump yang
kurang dari 294kPa pada putaran stationer atau sekitar 43psi atau 2,94bar
berarti fuel pump anda bermasalah. Bila tekanan bahan bakar normal maka kita
harus melihat lagi kondisi injektor. Apakah injektor tetap menyemprot tapi
debitnya kurang akibat kotor atau tidak menyemprot sama sekali, pengecekan ini
harus menggunakan alat bernama injector tester. Dari injector tester ini kita
bisa melihat apakah masih layak pakai atau tidak. Kalau tidak layak pakai
sebaiknya langsung ganti saja!
No comments:
Post a Comment