Tuesday, January 2, 2018

Mengenal Gejala Kerusakan Injektor Sepeda Motor

Tentunya sudah pada kenal dengan yang namanya injektor. Komponen ini berfungsi menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar pada sepeda motor berteknologi injeksi. Tapi namanya komponen buatan manusia, injektor ini juga pasti bisa rusak. Estimasi kerusakan sekitar 5tahun atau setelah menempuh 50.000km. Tapi alangkah baiknya mulai diperhatikan apabila sering adanya gejala kerusakan.

Indikasi kerusakan yang paling sering terjadi adalah kondisi langsam yang tidak stabil dan ketika mesin dalam keadaan menyala ada ketidakberesan ketika gas dibuka-tutup. Masalahnya, gejala tersebut sama seperti kerusakan pada bagian saluran bahan bakar yang lain. Maka, bila mulai merasakan kerusakan tersebut maka lakukanlah pemeriksaan.


Bila tekanan fuel pump yang kurang dari 294kPa pada putaran stationer atau sekitar 43psi atau 2,94bar berarti fuel pump anda bermasalah. Bila tekanan bahan bakar normal maka kita harus melihat lagi kondisi injektor. Apakah injektor tetap menyemprot tapi debitnya kurang akibat kotor atau tidak menyemprot sama sekali, pengecekan ini harus menggunakan alat bernama injector tester. Dari injector tester ini kita bisa melihat apakah masih layak pakai atau tidak. Kalau tidak layak pakai sebaiknya langsung ganti saja!

No comments:

Post a Comment