Saturday, January 4, 2020

Tutorial Membuat Animasi Danbo Gundam dengan Menggunakan Blender

Saya Hasta Arya Marga Yonanda dari kelas 3IA18 jurusan teknik Informatika semester 5. Kali ini saya membuat blog tutorial membuat animasi danbo Gundam dengan menggunakan aplikasi blender sebagai tugas softskill ketiga dari mata kuliah Desain Pemodelan Grafik. Berikut langkah-langkah membuat karakter animasi gundam dalam bentuk danbo:
Buka aplikasi blender terlebih dahulu


Buat objek yang nantinya akan diberi texture. Berikut adalah danbo yang sudah saya buat seperti gambar diatas


Ubahlah mode object mode menjadi edit mode untuk mengedit objek. Lalu pilih sisi bidang dan seleksi bagian yang ingin diberi texture.


ubah ke mode compositing untuk mengatur texturenya lalu masukkan image texture yang ingin diberikan kepada objek yang sudah diseleksi. Lalu unwrap objek yang sudah diseleksi tersebut seperti gambar diatas


Ubah kembali modenya ke default dan ubah ke object mode. Selanjutnya pilihlah texture  sehingga texture sudah terpasang di objek seperti gambar diatas


Selanjutnya ulangi langkah–langkah sebelumnya untuk memberi texture pada setiap sisi objek danbo tersebut 


Untuk membuat rigging pada bangun danbo diatas, pertama yaitu tekan Ctrl + A sebagai shortcut Menu add. Setelah itu pilih armature dan pilih yang single bone. Selanjutnya centanglah Menu X-Ray pada Display di sebelah kanan bawah dan letakkan bone di tengah gambar danbo tersebut. Kemudian perbesarlah ukuran bone tersebut dengan cara tekan S dan gerakkan mouse untuk memperbesar ukurannya hingga sesuai ukuran yang diinginkan. Langkah berikutnya yaitu ganti modenya ke edit mode dan klik pada bulat di ujung bone untuk membuat subdivide lalu tekan E untuk membuat bone baru yang tersambung dengan bone sebelumnya. Lakukan sampai semua badan terisi oleh bone di dalamnya. Kemudian ubahlah kembali modenya menjadi object mode. Seleksi seluruh objek dengan menekan tombol A. ubah modenya menjadi pose mode dan tekan Ctrl + P lalu pilih with Automatic Weights. Pembuatan Rigging sudah selesai dan gambar sudah dapat digerakkan.
Sekarang kita akan memasukkan animasi agar dapat dirender menjadi video animasi. Berikut langkahnya:
Pertama yaitu ubahlah modenya dari Default ke Animation seperti pada gambar diatas

Setelah diubah modenya, otomatis tampilannya berubah seperti pada gambar diatas. Langkah berikutnya yaitu kita masuklah ke menu time line yang terletak di pojok kiri bawah dan atur frame ke posisi nol. Langkah berikutnya yaitu gerakkan objek agar dapat berpindah posisi. Saya memasukkan setiap gerakan setiap 25 frame sehingga saya awali gerakan dengan frame ke 25. Aturlah frame pada time line terlebih dahulu ke frame 25. Setelah itu pilih bone yang akan dipakai untuk digerakkan seperti gambar diatas. Selanjutnya kita harus blok semua objek beserta dengan bonenya. Caranya adalah dengan klik pada salah satu object lalu tekan A dua kali lalu tekan Shift sambil klik salah satu bone di dalam objek tersebut. Kemudian tekan A lagi dua kali. Apabila kedua langkah tersebut berhasil maka akan tampil seperti pada gambar diatas. Jika ingin memindahkan objek maka harus dilakukan setelah objek diubah gerakan tubuhnya.


Selanjutnya kita tekan I pada keyboard sehingga muncul menu Insert Keyframe Menu seperti pada gambar diatas dan pilih opsi LocRotScale. Pembuatan animasi pada frame ke 25 sudah selesai. Buatlah animasi berikutnya pada setiap 25 frame di time line. Pada animasi ini, saya hanya membuat animasi hingga pada frame ke 325 saja


Kemudian aturlah batas frame untuk dirender. Pada gambar diatas, saya memilih untuk membatasi render Frame Range pada End Frame 325. Selanjutnya untuk gerakan, ubahlah FPS pada menu Frame Rate tersebut menjadi 5.


Terakhir yaitu simpan file tersebut dengan File Format Avi Raw dan pilih opsi RGB disamping File Format. Jangan lupa untuk memilih folder mana yang akan digunakan untuk menyimpan file tersebut. Berikutnya kita harus merender file tersebut yaitu dengan mengklik opsi Animation seperti pada gambar diatas. Kita hanya perlu menunggu sebentar sampai proses render selesai.


Dan ini adalah hasil terakhir dari animasi yang sudah dibuat :

No comments:

Post a Comment