Salam satu aspal! Di artikel kali ini saya akan review
motor Honda CB150R StreetFire. Berdasarkan pengalaman pribadi menunggangi motor
CB150R ada beberapa kelebihan dari motor ini. Sebelum membahas lebih jauh
tentang motor ini saya kasih dulu nih spesifikasinya.
Spesifikasi Honda CB150R StreetFire
Panjang X lebar X tinggi : 2.008 x
719 x 1.061 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.288 mm
Jarak terendah ke tanah : 148 mm
Berat kosong : 129 kg
Tipe rangka : Diamond Steel (Truss Frame)
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Pro-Link)
Ukuran ban depan : 80/90 - 17M/C 44P (Tubeless)
Ukuran ban belakang : 100/80 - 17M/C 52P (Tubeless)
Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter
Tipe mesin : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
Diameter x langkah : 63,5 x 47,2 mm
Volume langkah : 149,48 cm3
Perbandingan Kompresi : 11.0 : 1
Daya Maksimum : 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm
Torsi Maksimum : 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
Kopling Otomatis : -
Gigi Transmsi : 6-Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Starter : Pedal & Elektrik
Aki : MF 12 V - 5 Ah
Busi : -
Sistem Pengapian : Full Transistorized
Jarak Sumbu Roda : 1.288 mm
Jarak terendah ke tanah : 148 mm
Berat kosong : 129 kg
Tipe rangka : Diamond Steel (Truss Frame)
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Pro-Link)
Ukuran ban depan : 80/90 - 17M/C 44P (Tubeless)
Ukuran ban belakang : 100/80 - 17M/C 52P (Tubeless)
Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter
Tipe mesin : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
Diameter x langkah : 63,5 x 47,2 mm
Volume langkah : 149,48 cm3
Perbandingan Kompresi : 11.0 : 1
Daya Maksimum : 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm
Torsi Maksimum : 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
Kopling Otomatis : -
Gigi Transmsi : 6-Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Starter : Pedal & Elektrik
Aki : MF 12 V - 5 Ah
Busi : -
Sistem Pengapian : Full Transistorized
Ergonomi
Dari sisi ergonomi untuk saya yang memiliki tinggi
diatas rata-rata yaitu 194cm memang motor ini cukup nyaman untuk perjalanan
jarak dekat, tetapi untuk perjalanan jarak jauh dengan posisi yang agak
menunduk motor ini agak kurang nyaman karena punggung dan sikut akan terasa
pegal karena terlalu lama menunduk. Jika posisi jalan macet motor ini cukup
nyaman untuk selap-selip karena handlingnya cukup stabil dan posisi stang yang
tidak terlalu lebar.
Performa
Dari segi performa motor dengan kubikasi 150cc ini cukup
galak dan memiliki nafas yang panjang, untuk perjalanan di rpm yang cukup
tinggi mesin motor tidak terlalu berisik dan stabil. Saya pernah mencoba untuk
menggeber motor ini dari Cikarang-Karawang dan memiliki topspeed 117km/h di RPM
10.000 lumayan lah tenaga dari motor ini mengingat berat badan saya yang hampir
110kg.
Handling
Untuk handling motor ini cukup stabil di kecepatan
rendah tetapi saat mencapai kecepatan 110km/h setang motor sudah sedikit
goyang.Untuk posisi nikung motor ini cukup stabil dan controlnya cukup enak.
Ekonomis
Dari segi ekonomis motor ini lumayan irit karena
mesinnya sudah disematkan teknologi fuel injection dari Honda. Saya cukup
mengisi 15rb untuk perjalanan PP dari Cikarang-Batu Jaya,luamayan irit lah
untuk motor dengan kubikasi 150cc.
Sekian review dari saya, untuk kurangnya mohon maaf
saya bukan mau promosi tetapi hanya memberikan testimoni dari menggunakan motor
ini.Salam Satu Aspal!

No comments:
Post a Comment